Kirim Pake BEST SI CEPAT yang Dateng YES JNE



 Ada yang pernah ngalamin kejadian seperti di atas ?
Ya, kejadian di atas baru saja saya alami, kebetulan saya dan teman memilki online shop sebagai jasa titip untuk wilayah Jogja, mendapatkan orderan untuk kue kekinian salah satu artis di Jogja untuk dikirim ke Pekanbaru otomatis pake paket KILAT dong ya, klo nggak keburu basi tuh kue.
Oke sebagai seller kita memberikan pilihan opsi ekspedisi yang hendak dipilih, customer kita memilih menggunakan SI CEPAT karena menurut pengalaman beliau SI CEPAT lebih tepat waktu dibandingkan dengan JNE.
Singkat cerita salah satu admin kita mengirimlah paketan ke SI CEPAT pada hari senin siang, kata mbak-mbak SI CEPAT karena ini udah Senin siang jadi kemungkinan barang akan sampainya Rabu. Oke kita setuju tuh klo paling lama Rabu nyampek kuenya masih aman untuk di makan (daya tahan kue luar ruangan 3hari takut dong kelamaan bisa basi, kan sayang buang-buang makanan). Beberapa kali admin kami meyakinkan mbak-mbak si cepatnya,
A  : “beneran rabu nyampek kan mba? “
SC  : “iya mba rabu nyampe”
A  : “ iya, ya beneran rabu ya mba, oke”
SC  : “ iya mba”
 
Resi dari SI CEPAT
Singkat cerita ngecek resi dari Selasa-Rabu pagi nggak ada perubahan sama sekali, dan masih manifested JOGJA.

Rabu
Karena kita cek resi nggak ada perubahan, salah satu admin kita memutuskan untuk telpon Agen SI CEPAT Pekanbaru 3x telpon dengan hasil :
  1.  09.00 : Paket belum ada di kantor mereka, mungkin jam 2an baru sampai dan akan langsung diantar. Sampai jam 14.00 resi tetep nggak ada perubahan, semakin panik paketan nggak jalan-jalan. 
  2. 14.30 : Pesawatnya mungkin baru landing di Pekanbaru dan baru disortir mana dari Jakarta mana yang Jogja. Jadi paket belum nyampek kantor.
  3. 16.30 : (Kayaknya baru ada pergantian sift). Katanya paket kita nggak ada, “mungkin langsung di antar sama kurir kak, kita hub. Kurir dulu nanti dikabarin lagi mba” 
Karena tetep nggak ada kabar, admin akhirnya telpon SI CEPAT JOGJA tempat kita kemarin kirim paket. 
Kita jelasin ke Cust kita, semua info yang kita dapet hari ini, Alhamdulilah beliau paham dan memaklumi karena mau gimana lagi paketnya nggak tau dimana lokasinya. Bisa bayangin betapa kita nggak enaknya sama cust kita ini. huhu
  
  Kamis
Kamis Pagi cek resi masih sama, ON PROCCES dan Manifested JOGJA.
  1. 12.00 : Barang akhirnyaaaa sampai di Pekanbaru, Customer kita ngabarin klo paket udah nyampek, lega dong akhirya yang ditunggu-tungu.
  2. 15.00 : Kita dapet notif dari JNE kalau barang sudah diantarkan dan ada nomer resinya kita cek deh tuh nomor resi.
Awalnya kita mikir mungkin karena CUACA JOGJA saat itu lagi ujan badai dimana-mana banjir jadinya pesawatnya yang bawa paketan kita delay dan paket telat nyampek jakarta. Jadi kita nggak bisa menyalahkan siapapun kalau masalahnya di cuaca. Yang awalnya kita bepositif thinking karena cuaca liat track resi dari JNE yang barang udah nyampek Jakarta hari rabu dini hari kita jadinya kesel sendiri, ini pake YES loh. Masa 3 hari baru nyampek. 
Resi JNE via Raja Ongkir

Kita berniatan mengklaim ongkir sesuai yang moto JNE gembor-gemborkan untuk paket YES yaitu ongkir akan dikembalikan tapi setalah baca-baca di internet ternyta kita tidak memenuhi kriteria pengembalian ongkir tersebut, awalnya lumayan buat ganti rugi ke Cust kita nih. Alasanya ndak bisa di urus adalah
1. Kita nggak punya resi karena yang kirim ke JNE adalah SI CEPAT bukan kita
2. Kita nggak tau SI CEPAT kirim ke JNE yang cabang mana, jadi mau claim kemana ?

Masalahnya disini adalah kepercayaan antara seller dan customer.
Kita kirim pake si CEPAT dan yang nganteri JNE. Kalau kita nggak telpon si cepat berkali-kali pasti nggak tau klo yang ngirim itu JNE. Customer memilih menggunakan SI CEPAT karena dirasa lebih tepat waktu dibandingkan JNE dan kami sebagai Seller menjalakan kepercayaan dari Cust kita dengan kirim menggunakan SI CEPAT, bisa dibayangkan kalau kita tidak mencari tau posisi paket kita ke SI CEPAT dan Cust menerima paketnya dari JNE, beliau pasti akan kecewa dikiranya kita melanggar kepercayaan tersebut.
Ada yang bisa menjelaskan kepada saya kenapa SI CEPAT mengrim menggunakan JNE? tanpa konfirmasi ulang mengenai hal tersebut ke kita? dan sama sekali tidak mnegupdate resi? setidaknya resi dari jne di konfirmasikan ke kita atau di mengupdate apa yang ada di resi JNE ke sistem resi SI CEPAT sehingga kita sebagai pengguna jasa ekpedisi tidak kalang kabut karena paket tidak kunjung sampai padahal menggunakan jasa BEST (Besik Sampai Tujuan) SI CEPAT dan diteruskan menggunakan YES (Yakin Esok Sampai) JNE.
Resi SI CEPAT sampai artikel ini di upload status masih Manifested JOGJA via Raja Ongkir

Sekian curahan hati seller yang dibuat khawatir berhari-hari karena paketannya nggak ada kabar dan kepastian malah pindah tangan ekspedisi lain tanpa sepengetahuan kita. Padahal alasan kita pilih kirim menggunakan SI CEPAT karena JNE kadang telat (pengelaman Cust), ehhh malah SI CEPAT kirim paketan kita pake JNE.
Semoga pelayanan ekspedisi apapun tidak mengambil keputusan2 yang penting tanpa konfirmasi ulang ke pelanggan mereka. Terimakasih